Pengertian Literasi Informasi
← Kembali

Pengertian Literasi Informasi

Penulis: Drs. Tri Septiyantono, M.Si.

Tahun: 2021

Subjek: Literasi Informasi

Abstrak/Deskripsi Singkat:
Didalam Kamus Oxford Literacy is ahibility to read and write yang artinya secara umum Literasi merupakan sebuah kemampuan membaca dan menulis.


Literasi informasi adalah kemampuan dalam menemukan informasi yang dibutuhkan, mengerti bagaimana perpustakaan diorganisasi, familiar dengan sumber daya yang tersedia (termasuk format informasi dan alat penelusuran yang terautomasi), serta pengetahuan dari teknik yang biasa digunakan dalam pencarian informasi. Hal ini termasuk kemampuan yang diperlukan untuk mengevaluasi informasi dan menggunakannya secara efektif, seperti pemahaman infrastruktur teknologi pada transfer informasi kepada orang lain, termasuk konteks sosial, politik, dan budaya serta dampaknya.Literasi Informasi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mencari, menemukan, menganalisis, mengevaluasi, serta mengkomunikasikan informasi yang berfungsi dalam memenuhi kebutuhan informasi yang akan memecahkan berbagai masalah. Literasi informasi juga didukung oleh peranan perpustakaan dalam memperkenalkan istilah literasi informasi dan memperoleh kemampuan literasi informasi tersebut.Penguasaan teknologi informasi juga akan sangat memudahkan seseorang memiliki literasi informasi. Oleh karena itu, literasi informasi merupakan proses pembelajaran seumur hidup yang akan menjadi bekal seseorang dalam mencari informasi, bukan hanya dalam pendidikan.Tiga elemen utama yang ada dalam literasi informasi:keterampilan umum yang terdiri atas pemecahan masalah, kolaborasi, kerjasama, komunikasi, dan berpikir kritis;keterampilan informasi yang terdiri atas pencarian informasi, penggunaan informasi, dan kemampuan teknologi informasi;nilai dan kepercayaan yang terdiri atas menggunakan informasi secara bijak dan etis serta tanggung jawab sosial dan partisipasi komunitas.Literasi informasi juga sangat berguna dalam dunia perguruan tinggi untuk mendukung pendidikan dan dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi yang mengharuskan peserta didik untuk menemukan informasi bagi dirinya sendiri dan memanfaatkan berbagai sumber informasi. Selain itu, dengan memiliki literasi informasi, para peserta didik mampu berpikir secara kritis dan logis serta tidak mudah percaya terhadap informasi yang diperoleh sehingga perlu mengevaluasi terlebih dahulu informasi yang diperoleh sebelum menggunakannya.